Kesatuan Mulia Bersatu Menuju kemerndekaan West Papua.

Aii,Nogoba Ala o, Ninanggwen o papua yi, ninogoba Ala kat nen aret nit aakumi o nggwen yi paga monggorak nogo logorak nduk ogobakkigireegindak kwe, it aap indonesia nogo nen, Lembaga kele marogo mambigo mengga kwak, tebembinaninuk logonet,nineebe ninokwi, andi-pandi eerogo pinanggwi, eeko menggarak nogo keenu aret o. togop me, ninabuwa mbake logonet, ninanggwen yi it ineengime nen ndinogo wa'niramugun o, nogoba. Yetut ninagap ndareegindak kendage paga tamban eeki o. Amin!.

Pasti Tuhan akan kembebasan di tanah air kami Papua ini. Permohonan kita melalui Doa Pasti Tuhan dengar.

Senin, 02 Agustus 2010

Gereja

hari ini Gereja [sunting]

Gereja di Kualakencana

Gereja-gereja sekarang sosial terbesar, organisasi non-pemerintah di negara ini. Sebagian besar rute yang dilayani oleh layanan udara misi Kristen. Gereja-gereja sangat terlibat dalam perlindungan hak asasi manusia dan, karena itu, dirinya sering sasaran perusakan, ancaman pembunuhan, penculikan dan pembunuhan. Di antara target isolasi Papua Barat oleh Indonesia dari luar negeri, gereja-gereja, link internasional yang paling penting bagi orang Papua telah menjadi, karena gereja-gereja telah dianiaya tetapi tidak dilarang.

Sementara sebelumnya Papua untuk melaksanakan praktek-praktek tradisional sudah sering dilarang oleh misionaris, hari ini Gereja-gereja semakin preservers budaya tradisional Papua.

Terkenal kepribadian dari Gereja-gereja Papua, misalnya Benny Giay, Herman Saud, Herman Awom dan Neles Tebay.[60]

Budaya [sunting]

Keterkaitan dengan nenek moyang [sunting]

Bagaimana Gunter Konrad Asmat menulis, adalah khas dari suku-suku Papua:

"Dalam pandangan Asmat manusia ada dalam keberadaan duniawi, tidak pernah terisolasi, secara perorangan. Dia erat terhubung dengan dunia nenek moyang, reservoir kekuasaan tak terbatas.Semakin dekat ke dunia lain dia dapat membuat hubungan ini, semakin besar kekuatan dan keamanannya, menjalani hidup sukses. Ini adalah kunci untuk sebuah agama satu merasa jarang, yang memberikan kesadaran Asmat, perusahaan tempat di dunia untuk memiliki. Keinginan untuk menghasilkan, hubungan antara dunia nenek moyang hal-hal duniawi dan untuk meningkatkan, mengambil relik dan menarik kekuatan dari mereka. Ia tidur dengan Ahnenschädel bawah kepala atau tulang leher memiliki jimat di lehernya tergantung sebagai." [61]

Ukiran dari Asmat memiliki akar mereka di sini. The Dingiso-kangguru pohon (hanya terjadi di Papua Barat) adalah monitor seperti yang terlihat oleh salah satu dari nenek moyang mereka dan oleh karena itu tidak mengejar. The Fayu mengambil orang mati bahkan dengan pondok-pondok mereka dan meninggalkan mereka membusuk. Bangga dengan nenek moyang mereka adalah tulang pengunjung disajikan menggunakan. [62]

Musik [sunting]

utama artikel: Musik New Guinea

Musik tradisional dari seluruh pulau dibagi menjadi musik sakral, merupakan bagian tak terpisahkan dari ritual ibadat ini, dan dalam lagu dan potongan instrumental, untuk melayani hiburan. Musik sakral budaya mereka sebagian rahasia, mereka hanya dapat diprakarsai oleh laki-laki dan akan dimainkan. drum jam pasir luas yang berbentuk (Kundu), log drum (Garamut) dan seruling bambu.Bersama dengan larangan banyak ritual dan pengenalan agama Kristen memiliki pengaruh musik pop Indonesia dan Barat di 20 sebagian besar dari abad ke-musik tradisional dihancurkan atau diubah.Hari ini, akustik dan gitar listrik adalah instrumen utama dari band pop muncul publik.

Media [Edit]

Surat kabar harian yang dominan adalah Cenderawasih Pos.[63] Surat kabar ini rekan dekat militer dikenakan penyensoran diri.[64] muncul mingguan di Jayapura, kritis Tifa Irian.

Sejak tahun 2003, wartawan asing tidak lagi diizinkan masuk ke negara sehingga "persatuan dan kesatuan Indonesia tidak terancam punah," penjelasan resmi. Beberapa wartawan di Jakarta telah menerima izin masuk, mereka tidak harus bicara tentang politik dan masalah hak asasi manusia. Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono membenarkan larangan semua media asing, gereja, danorganisasi non-pemerintah karena khawatir bahwa kehadiran mereka di Papua Barat "kampanye hak asasi manusia akan mendorong". [65]

wartawan Indonesia mengatakan pada militer:

"Apakah kau masalah? Kami membunuh Anda - tidak ada masalah "!. [66]

Ekonomi [sunting]

Transportasi masalah
Tidak ada negara di dunia memiliki landasan pacu lebih atau lebih penerbangan per kepala penduduk dari pulau terbesar kedua di dunia. Nowhere adalah harga tiket lebih tinggi, dan kemungkinan landasan pacu adalah tempat dalam kondisi yang buruk.

" Kau datang tanpa terbang di mana saja.Post adalah dengan pesawat. Obat, pasien, pejabat pemerintah, makanan, bahan bangunan, panggilan apa yang Anda suka, itu harus terbang.
Kepadatan penduduk sangat rendah sehingga tidak ada maskapai penerbangan komersial akan memberikan layanan seperti: kita berbicara tentang diterimanya suatu meter panjang landasan pacu 350 dan penyisihan untuk suatu daerah pilot, di mana hanya 2.000 orang yang hidup masuk Tidak ada yang layak ...
" [67]

Adat suku bangsa beroperasi pertanian subsisten - adalah budidaya luas ubi jalar - atau bahkan pemburu-pengumpul seperti Fayu. pembayaran Khas misalnya untuk harga pengantin adalah babi liar. produksi sayur untuk pasar adalah pengecualian (Wamena) dan sering gagal serta penjualan ikan (misalnya Kamoro di Timika) untuk mengangkut masalah. Dalam budaya tradisional Papua bukanlah harta warisan, tapi didistribusikan.

Di Papua Barat tidak ada kontinyu sistem jalan. Dari panjang jaringan jalan km 16.000 pada tahun 2000 hanya 25% yang diaspal. Banyak daerah dapat dicapai dengan pesawat saja. Lalu lintas kapal di sepanjang pantai, kecuali pelabuhan utama, adalah jarang dibandingkan dengan waktu hingga pertengahan tahun 1960-an. Karena kurangnya aksesibilitas adalah biaya produksi dibandingkan dengan daerah lain yang tinggi Indonesia. [68] Di tempat lain, lebih murah untuk beroperasi secara komersial pertanian tropis. Hanya ada bisnis sektor pertanian kecil, seperti perkebunan kelapa sawit. Secara khusus, petani kecil di daerah transmigrasi menyediakan pasar dengan produk-produk pertanian. [69]

Perdagangan Eceran, perdagangan eceran, transportasi, ritel dan restoran jalan didominasi oleh imigran Indonesia. Dan menengah perusahaan-perusahaan swasta besar sebagian besar Indonesia keturunan Cina yang dipimpin. Beberapa Papua adalah pengusaha nyata. Di antara para pekerja dan karyawan Papua biasanya tingkat yang lebih rendah hanya dapat ditemukan di. Hanya menampilkan item seperti Kantor Gubernur Papua menduduki lebih sering.[70]

"Pada tahun 2004, Sinode Injili pada satu Sungai Mamberamo Wirtschaftskooperative. Dia membangun sebuah lapangan terbang kecil dan mengirimkan seorang pendeta yang mengajar orang-orang ke pasar ikan mereka. Sampai saat itu, Indonesia telah dikendalikan perdagangan.
Proyek ini awal tahun 2005 buah pada bulan April, Indonesia harus menyesuaikan operasi bisnis mereka. Anda akan mengundang sepuluh dan militer menuduh pendeta, dia juga teroris. Pihak militer telah menghancurkan gedung-gedung koperasi, gereja, rumah pendeta dan dia dan istrinya terancam.koperasi ini telah diatur, perdagangan tersebut masih dikendalikan oleh orang Indonesia ". [71]

Per kapitaproduk domestik bruto Papua Barat pada tahun 1999 adalah sekitar $ 1.085. Di antara 26 propinsi di Indonesia adalah tempat keempat. Tanpa 63% dengan proporsi yang besar dari produk domestik bruto Papua Barat pertambangan di bawah rata-rata provinsi Indonesia.

Sepanjang pulau Kabra, Misool, Waigeo dan Batanta Semenanjung Kepala Burung Semenanjung berada di Flussausläufen besar Perlzuchtanlagenyang Bleher telah mencemari lingkungan keseluruhan, menurut Heiko.[72]

Tidak ada komentar: